Kurikulum Merdeka
Paud Ainun Habibie yang pada tahun 2022 ini lolos sebagai Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 Indonesia, wajib melaksanakan Kurikulum Merdeka yang secara langsung akan didampingi Oleh Kementrian Pendidikan melalui BBPMP Jawa tengah.
Perubahan dan perkembangan yang terjadi begitu cepat saat ini, menuntut kita untuk selalu siap beradaptasi dengan perubahan tersebut dengan meningkatkan beberapa kompetensi tertentu.kompetensi tidak hanya fokus pada aspek kognitif, sikap, psikomotorik, tetapi juga ada value/nilai yang melengkapi kompetensi murid.
Saat ini, kualitas literasi dan numerasi, kesehatan mental dan sosialemosional murid merupakan pondasi atau prasyarat yang diperlukan murid untuk membangun kompetensi transformatif murid dengan siklus belajar Antisipasi -Aksi-Refleksi menuju pembelajar sepanjang hayat
Komponen Kurikulum Merdeka meliputi kegiatan Intrakurikuler, ekstrakurikuler dan Penguatan Projek Pelajar Pancasila dan dalam pembelajarannya disampaikan dengan metode proyek sesuai dengan ide dan aspirasi peserta didik, dimana anak melalui proses pengetahuan dan pengalamannya selama belajar
Program Pemerintah
PAUD HI (Holistik Integratif)
Pendidikan, Pengasuhan, Perlindungan, Kesehatan & gizi anak, Kesejahteraan anak
SRA (Sekolah Ramah Anak)
Anti pelecehan, anti bullyng,kurikulum inklusif, Partisipasi & kegiatan orang tua, Penguatan ketrampilan sosial,Lingkungan fisik yang aman dan ramah,Peningkatan kesadaran dan pendidikan karakter, Menanggapi Kebutuhan Khusus
GSS (Gerakan Sekolah Sehat)
Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat imunisasi, Sehat Jiwa, Lingkungan Sehat
Capaian Pembelajaran
Nilai Moral Agama & Budi Pekerti
Anak mengenal konsep Tuhan Yang Maha Esa, mengenal kebiasaan,praktik ibadah agama atau kepercayaannya, menghargai diri, sesame manusia, dan alam sebagai bentuk syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Jati Diri
Anak mengenali identitas diri, mampu menggunakan fungsi gerak , memiliki kematangan emosi dan sosial untuk berkegiatan di lingkungan belajar
Dasar-Dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni
Anak memiliki kemampuan literasi dasar, matematika dasar, dan sains, mampu memanfaatkan teknologi dan rekayasa sederhana, serta menciptakan dan mengapresiasi karya seni
Profil Pelajar Pancasila
Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan tujuan Pendidikan Nasional sebagai wujud pelajar Indonesia yang berkarakter, belajar sepanjang hayat, berperilaku sesuai nilai – nilai Pancasila yang siap dalam pembangunan global dan siap menghadapi setiap tantangan, Ada 6 Dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila yang harus dikembangkan dikuasai peserta didik :
- – Beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia
- – Berkebinekaan global
- – Bergotong-royong
- – Mandiri
- – Bernalar kritis
- – Kreatif